My Story With Modena to My Child

01.42 Windi Teguh 2 Comments


Nak , hari ini aku ingin bercerita tentang seorang lelaki yang kelak akan kau panggil ayah. Sebenarnya aku malu menceritakan kisah ini, karena memang bukan suatu hal yang membanggakan.  

Dulu saat masih tinggal bersama orangtua, aku dan kedua adik perempuanku sudah dibagi tugas oleh nenekmu. Aku tukang beres-beres rumah. Dewi, tantemu tugasnya memasak, dan adik terkecil ku puji tugasnya nyuci piring. Nenekmu adalah seorang guru, pagi hari ia mengajar, sore dilanjutkan dengan kuliah. Makanya pekerjaan rumah kami keroyok rame-rame. Kesalahan fatal ku adalah, tidak pernah mau belajar memasak. Akhirnya sampai nikah aku tetap tidak tau apa nama bumbu-bumbu masak yang ada di dapur.

Beruntung aku menikah dengan seorang pria yang sangat pengertian. Waktu aku bilang aku tidak bisa masak, dia langsung menjawab , “ Ga apa-apa, kalau semua orang pinter masak siapa dong yang beli makanan di warung makan”. Benar juga sih pikirku.

Namun belakangan, tampaknya ayahmu mulai bosan dengan masakan luar. 

Sudah menjadi rutinitas kami setiap bulan berkunjung ke rumah ibuku. Setiap kami datang, ibu dengan suka cita akan menyiapkan berbagai masakan kesukaan ayahmu. Mulai dari udang goreng tepung, tauco belut, pecal, sampai capcay. Sebenarnya semua masakan itu bukanlah masakan yang rumit.

Suatu hari saat lagi cuti di rumah , ayahmu iseng becandain aku. “ Dek, buatin masakan kayak mama kenapa?”. Hihihi, aku agak kaget mendengarnya, namun karena ayahmu bukanlah type suami yang suka minta ini itu maka aku pun menyanggupinya. Ia antar aku berbelanja sayur dan bumbu-bumbu pelengkap. Maklum di dapur memang tidak ada apa-apa. Setelah lengkap, besoknya aku pun memasak sesuai pesanannya. Ayahmu pergi ke kantor seperti biasa. Hampir setengah hari aku berkutat di dapur. Saat makan siang ia pulang untuk menikmati masakanku. Apa yang terjadi? Olala, masakanku gagal total. Rasanya kacau balau. Aku lihat mukanya mengernyit saat memasukkan sesendok capcay ke mulutnya. Tapi mungkin demi menjaga perasaanku ia tetap menelannya dengan susah payah. Rasanya ingin tertawa  melihat mimik wajahnya saat itu. Akhirnya ku suruh ia berhenti berpura-pura “ Sudah mas, jangan dimakan , ngga enak  tau rasanya “. Waaa, terlihat wajahnya lega banget . Akhirnya makan siang kami gagal dan berpindah ke warung makan padang.

Entahlah sejak itu aku selalu terbayang-bayang wajah ayahmu yang nelangsa saat makan masakanku. Berulang kali aku berjanji untuk belajar masak tapi selalu batal. Mungkin karena kemalasanku. Lagian dapur rumah kita tidak mendukung. Kau pasti bisa memaklumi alasanku ini, untuk seorang yang tidak bisa masak seperti diriku, suasana dapur yang nyaman sangat berpengaruh terhadap mood memasak.

Hingga empat bulan yang lalu. Setelah seminggu aku tidak kedatangan tamu bulanan, ayahmu membelikan test pack. Sebenarnya itu hanyalah hal rutin yang kami lakukan setiap bulan. Belakangan kami malah sudah tidak berharap apa-apa, hanya melakukannya untuk memastikan saja. Saat kulihat dua garis merah di test pack tersebut, hatiku membuncah karena bahagia, hampir meledak rasanya. Bergegas kuberitahu ayahmu. Nak, kalau kau lihat wajahnya pasti kau tahu betapa kami telah menantikanmu begitu lama. 4 tahun lebih nak, kabar ini kami tunggu.

Setelah itu, keesokan hari ayahmu dengan semangat 45 membeli berbagai macam buku tentang kehamilan. Ngga tanggung-tanggung, ia memborong 5 buah buku. Kami baca buku tersebut dengan seksama. Ya, kami sangat awam tentang segala hal yang berhubungan dirimu. Kami tidak mau ada yang salah selama kehamilan ini. Kami ingin memberikan segala yang terbaik untukmu. Di semua buku itu, membahas pentingnya asupan gizi yang baik untukmu. Petuah-petuah pun berhamburan dari orang-orang yang menyayangimu. Nenekmu, kakekmu, bahkan teman-teman ku baik di dunia nyata maupun dunia maya. “ Jangan makan yang instan-instan”, “ Banyak makan sayur”,” Hindari bahan pengawet, bahan pewarna, pemanis buatan, pokoknya segala yang tidak sehat”. Wah aku terharu sekali mendapat limpahan perhatian seperti itu. Namun dibaliknya aku juga tersadar, ayahmu yang pertama mengingatkanku. “ Dek, mau ga mau kamu harus masak sendiri nih, biar bayi kita sehat”.

Mendengarnya berkata begitu, aku misuh-misuh. Namun dalam hati aku membenarkan kata-katanya. Gimana ngga, hampir semua rumah makan pasti menggunakan penyedap rasa sebagai tambahan di masakannya. AKu jadi masygul. Sambil malu-malu aku bergumam “Mau sih masak, tapi dapurnya direhab dulu dong”.

Aku pikir perkataanku itu hanya dianggap angin lalu saja oleh ayahmu. Aku pun sudah melupakannya. Sejak itu aku berusaha memasak yang sederhana. Sayur bayam, ikan goreng, tumis kangkung, sup, yang gampang-gampang lah aku coba. Ayahmu turut menyemangatiku. Saat aku mual ia akan terus membujukku agar tetap makan.

Dua minggu lalu saat lagi santai di rumah, sebuah mobil pick up berhenti di depan pagar rumah kita nak. Ayahmu keluar untuk melihat siapa yang datang. Kamu tahu nak, ternyata dari toko bahan bangunan. Ayahmu yang pendiam itu nak, diam-diam membeli keramik untuk lantai dapur, semen dan beberapa pelengkap bangunan lain,  memang lantai dapur kita keramiknya sudah kusam. Saat membeli rumah ini beberapa bulan yang lalu kami belum menggantinya. “ Nanti kita rehab dapurnya ya sayang “ katanya padaku. Nak aku tahu begitu besar rasa cintanya padamu.

Sorenya ia mengajakku ke Home Center di dekat rumah. Kami memilih kitchen set yang akan dipasang di dapur kita nanti. Namun sayang nak, tidak ada yang sesuai dengan seleraku. Kamu mau tahu sayang, seperti apa dapur impianku . Yang seperti ini nak.


Aku suka warna putih yang mendominasi. Karena memberi kesan bersih,rapi, praktis dan elegan. Putih juga memberi kesan luas,lega dan terang. Karena rumah kita tidak terlalu besar nak. Jadi benar-benar harus dipikirkan segala sesuatunya, mulai dari ukuran perabot,letak sampai desain yang diterapkan agar rumah tidak kelihatan makin sempit. Apalagi nak, aku dan ayahmu paling suka menghabiskan waktu di dapur. Ayahmu sampai membuat taman kecil di samping meja makan.Tiap sore sampai malam kami sering duduk-duduk disitu sambil membicarakanmu.Bahkan tivi pun diboyong ayahmu ke dapur. Nantinya kamu pun pasti suka bermain di dapur kita.



Setelah pulang dari Home Centra, malamnya, ayahmu mengajakku berselancar di internet. Sambil aku menikmati susu untuk perumbuhanmu di dalam sana, ia mulai mencari-cari peralatan masak yang cocok untuk dapur impianku itu. Kami seperti anak kecil saja. Apa ya istilahnya, mengetem suatu barang “ Aku mau ini, yang ini, yang itu “ seperti itu nak. Susah aku menjelaskannya.  Aku ingat saat kecil aku dan kedua tantemu suka melakukan hal yang sama. Hanya saja dulu belum ada internet jadi kami pakai majalah. Setiap ada pakaian yang bagus kami akan cepet-cepetan mengetem “ Cop, ini punyaku “ .

Sampai tengah malam kami melakukannya. Berbagai merk kami telusuri. Setelah membandingkan spesifikasi bahan, kegunaan, bentuk, dan harganya, akhirnya kami berhasil memilih barang-barang yang cocok untuk dapurku. Kamu pasti tertawa di dalam sana kan nak. Menganggap ayah ibumu aneh. Ini namanya cinta nak.

Biar dirimu ngga penasaran, aku beritahu ya pilihan aku dan ayahmu. Kami pilih Modena nak. Kenapa?. Ternyata dulunya mbah putrimu sudah pakai mesin cuci dan dispenser Modena. Itu ayahmu yang bilang. Aku awalnya ngga percaya nak, “ Ah masa, emang dulu udah ada Modena?” tanyaku ragu. Kata ayahmu Modena itu sudah ada sejak tahun 1981, dari dulu sudah turut menunjang gaya hidup modern masyarakat Indonesia dalam 3 lini kategori, yaitu cooking, cleaning & cooling, senantiasa menekankan pada aspek estetika desain, kaya akan fitur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna (user friendly), menerapkan teknologi terkini serta ramah lingkungan, solusi cerdas dalam menciptakan smart living , menciptakan kualitas hidup yang lebih baik dan direkomendasikan bagi masyarakat Indonesia. Wih meyakinkan sekali cara ayahmu menjelaskannya nak. Aku sampai terbengong-bengong dibuatnya,
Aku percaya seratus persen dengan kata-katanya nak. Karena ayahmu tidak pernah berbohong padaku. Mulailah kami memilih-milih perlengkapan dapur impianku itu. Aku menyarankan piranti masak yang bernuansa putih juga seperti dapur idamanku. Namanya Built in Hob (BH) Crista White Series. Terdiri dari kompor tanam yang ukurannya bervariasi sesuai kebutuhan. Ada yang  4 tungku dengan ukuran 90 cm dan  4 tungku dengan ukuran 60 cm. Untuk yang 3 tungku juga terdiri dari 2 ukuran 90 cm dan 70 cm
Namun karena aku cuma berdua dengan ayahmu ditambah kenyataan aku baru belajar masak, maka kupilih yang 2 tungku saja. Ada beberapa pilihan ukuran 70 cm, 40 cm dan 30 cm. Aku maunya yang kecil saja, biar hemat tempat ,lagian juga paling nantinya aku masak yang praktis praktis.
Kalau ayahmu sih nganjurin kompor Plano Series nak. Karena menggunakan desain flush.Desain flush ini terletak pada penampang kompor yang tidak lagi menonjol melainkan sama rata dengan meja dapur. Jadi selama ini kalau mau memindahkan panci ,kita harus main angkat-angkat, namun dengan desain flush tinggal seret dan dorong, hemat energy. Kata ayahmu cocok buat ibu hamil yang ga boleh ngangkat berat-berat. Tuh kan nak, dia benar-benar memikirkan dirimu. Oya, Spesifikasi bahannya juga sangat menjanjikan, tatakan tungkunya terbuat dari besi baja cor ( Cast iron grid ) yang mampu menghantarkan panas lebih sempurna. Makanya masakan jadi cepet matengnya. Bahan kompornya juga terbuat dari stainless steel jadi anti karat. Yang ga kalah penting adalah soal safety, dimana semua jenis kopor Modena dilengkapi dengan gas safety device yang dilengkapi thermocouple. Alat tersebut berfungsi sebagai sensor pengaman yang secara otomatis akan menghentikan suplai gas seketika setelah api padam secara tidak disengaja. Memang keselamatan dan keamanan saat memasak merupakan point penting bagi ayahmu. Katanya biar dia ngga was-was kalau kita hanya berdua di rumah.
Selain kompor tanam, White Series juga menghadirkan oven listrik sayang. Namanya Modena Profilo White Series. Ada tiga pilihan kapasitas, Profilo 2633 W  ( Oven listrik ) dan Profilo 2663 W  ( Oven gas ) dengan kapasitas 56 liter sangat sesuai untuk keluarga besar yang lebih sering dan lebih banyak mengolah makanan.
Kalau untuk kita cukup Profilo 2433 dengan kapasitas 40 liter saja ya nak, cocok buat pemula seperti ibumu ini. Hmm mungkin nanti aku mau buat macaroni panggang, trus roti bakar, trus buat brownies kesukaanku dan aneka camilan biar kamu ga perlu jajan di luar, hmmm hmmm yummy. Eh tapi kan aku ngga tau resepnya. Usut punya usut setelah kami mengubek-ngubek websitenya Modena ternyata Modena memiliki wadah untuk ibu-ibu seperti aku saling berbagi resep masakan, tips memasak di MODENA Cooking Club . Ngga itu saja, disana juga kita bisa dapat tips design kitchen serta tips merawat peralatan dapur.
Kompor udah, oven udah kami masukkan ke keranjang belanja. Selanjutnya karena aku nggak bisa setiap hari belanja maka aku butuh tempat penyimpanan untuk bahan makanan agar awet dan tahan lama.  Yup, aku butuh lemari es yang modern dan stylish biar matching dengan peralatan dapur lain. Lagi-lagi Modena memiliki lemari es yang cocok untuk design dapur impianku nak. Terbuat dari bahan stainless steels dengan dua pintu di bagiab depan, membuat lemari es Modena mudah dioperasikan dan canggih. Ada 3 type lemari es. Type Esteso 4862 berkapasitas 610 liter dengan ruangan tanpa batas berukuran jumbo dan lebar 80 cm. Type ini cocok untuk menampung makanan berukuran besar dengan jumlah banyak.


Esteso-RF 4862 My Favorite
Niveo 2565
Ini type favoritku nak. Ruang freezer diletakkan di bawah ruang pendingin sehingga mudah dijangkau. Bahan makanan pun mudah diambil tanpa membungkuk.Ibu hamil bahaya membungkuk terlalu sering. Lagian freezernya nanti bisa buat menyimpan ASI untukmu nak.Aku kan kerja seharian, biar kamu tetap bisa minum ASI walau aku tak disampingmu.

Kalau ayahmu sih suka yang tipe Niveo 2565 . Type ini memang khusus untuk pecinta minuman nak. Dia memiliki fitur One Touch Mini Bar. Kabin mini bar menyatu dengan pintu lemari es. Sekali sentuh akan terbuka dan beragam minuman dingin siap dinikmati. 
Yang unik dari lemari es Modena favorit ayahmu ini adalah terdapat Water Dispenser yang ditanam di bagian depan . Jadi ngga perlu repot buka pintu kulkas untuk ambil air dingin. Ditambah lagi Full  Automatic Ice Maker yang langsung dibuat ke luar. Jadi tinggal ambil gelas, isi syrup atau minuman kesukaan,ambil esnya, tuang air dingin tanpa perlu membuka pintu kulkas. Keren yak. Aku kasih tahu ya nak, ayahmu itu agak sedikit pemalas orangnya, jadi type ini memang cocok untuknya.

Lemari es ini juga dilengkapi Magic Cool Zones yang memberi kemudahan mengatur suhu penyimpanan ikan, daging, sayuran dan buah segar. Selain itu terdapat juga fitur  Active Vita Crisper yang berupa fresh blue light yang dipasang dalam wadah penyimpan sayuran dan buah. Fasilitas ini membuat kualitas makanan tetap terjaga dan tidak mudah rusak, keriput atau busuk. Jadi kualitas makanan untukmu akan tetap terjamin nak.



Yang aku suka nak adalah konsep dari MOdena yang mengedepankan gaya hidup sehat, maka lemari es ini didesain ramah lingkungan. Kompresornya bebas CFC, dan pemakaian energy listrik yang efisien. Hanya memerlukan 200 watt dan 250 watt saat defrost untuk semua peralatan canggih tersebut. Tenang nak, kita tidak turut mencemari lingkungan kalau memakainya.
Masih sekitaran dapur, biasanya setelah heboh masak ini itu, kegiatan yang paling malas kulakukan adalah mencuci piring. Apalagi kalau nyucinya sambil jongkok, berminyak pula, kotor, bau, udah deh langsung bikin ilfil. Ayahmu tau banget tuh sifat malasku, Makanya ia memilih tempat cuci piring yang membuat aku betah berlama-lama bermain sabun. Yup, itu dia si Sink alias wastafel.
KS 8200
Selama ini problem mencucui piring yang sering kualami adalah saluran pembuangan yang sering mampet. Belum lagi aroma tidak sedap dari sisa makanan yang dibuang sering kali menguap dan kembali ke dapur. Iiih jijay deh. Apalgi pas hamil gini, sedikit saja nyium bau-bauan rasanya perutku mual. Tapi dengan Modena tak perlu khawatir lagi, karena lubang pembuangan pada sink dilengkapi filter untuk menyaring sisa cucian. Sampah akan langsung terkumpul pada penyaring sehingga mudah dibersihkan. Kelebihan lainnya adanya sistem S-pipe Anti Smell, struktur pipa-pipa saluran pembuangan air yang dirancang untuk mencegah bau sisa pencucian/makanan kembali ke permukaan sink. Jadi, udara dapur pun terjaga kesegarannya.
Selain kelebihan diatas, Sink Modena ini memiliki desain yang apik, berupa hasil paduan kaca kristal warna hitam di permukaan wastafel dengan bowl berbahan stainless steel yang jernih. Sifat kaca yang tidak berpori juga menjadikan sink lebih kuat, mudah dirawat serta awet. Untuk menambah kekuatan sink digunakan bahan kaca yang merupakan tempered crystal. Kecuali tahan panas juga melindungi sink dari benturan.
Kelebihan lainnya adalah bahan-bahan pembuatnya yang merupakan standar food grade Sehingga tidak ada kandungannya yang bisa mencemari makanan maupun piranti masak. Ini sangat penting nak untuk kami. Karena semua tempat makanmu nanti akan dicuci di wastafel ini.Biasanya kan kalau mencuci piring di wastafel kita akan kerepotan menempatkan mana piring kotor, mana piring yang akan dibilas. Nah dengan sink dari Modena ini tidak akan terjadi lagi. Karena ukuran bowlnya yang memilki kapasitas besar dengan kedalaman 20 cm, tinggal rendam saja peralatan dapur yang akan dicuci, lebih gampang dan lebih leluasa saat mencuci.


Ada dua type sink yang diperkenalkan Modena. Sink KS 8200 dengan dua bowl kembar cocok bagi pengguna berdapur luas dengan frekuensi masak tinggi dan jumlah besar. Kemudian SInk KS 8101 yang memiliki bowl tunggal dan drainer sebagai wadar pengering hasil cucian.Aku sih pilih yang satu bowl aja karena alasan-alasan seperti diatas terdahulu.
Hmm trus lagi, kalau pas nyuci piring kan sering tuh bunyi klontengan dari peralatan masak yang cukup mengganggu. Suara piring beradu dengan gelas, sendok, panci. Modena dengan Fitur Muffle Coating with Rubber Padding yang terdapat di bagian bawah kitchen sink,  dapat meminimalisir suara berisik tersebut maupun semburan air pada permukaan sink maupun bowl. Jadi suasana dapur tetap nyaman dan tenteram, kamu pun bisa tidur dengan nyenyak nanti nak, tanpa terganggu suara-suara dari dapur.
Waah, dapur kita udah keren banget nih, sekarang giliran urusan cuci mencuci. Aku maunya yang satu tabung saja sekalian pengering, biar praktis. Apalagi aku sudah bayangin nantinya kalau kamu sudah semakin besar di rahimku pasti aku akan kepayahan kalau harus membilas-bilas dan memindahkan pakaian.Makanya pilihanku jatuh ke Washer and Dryer Modena Ozone WD 890.  Kalau mau mencuci pakaian tinggal masukkan pakaian dari pintu buka yang ekstra besar sehingga mudah untuk keluar masuk cucian. Disamping itu, konsumsi air yang digunakan juga menyesuaikan dengan kapasitas cucian. Tidak perlu khawatir dengan tagihan air yang membengkak. Dengan air yang sesuai maka akan menghemat juga penggunaan detergen dan listrik.
Selain itu Washer MODENA juga memiliki electronic control yang memonitor kestabilan proses mencuci, serta pulsator yang memberi tambahan daya putra arus air. Bahannya yang terbuat dari stainless steel pun akan mencegah karat dan gangguan tikus karena desin yang tertutup. Jadi sangat aman, apalagi untuk keluarga yang memiliki anak kecil yang rasa ingin tahunya besar banget. Ngga akan ada kejadian pintu terbuka sembarangan. Aku takut nantinya kamu bakal penasaran dan main masuk aja ke pintu-pintu yang terbuka.
Udah masak, udah nyuci sekarang aku mau beberes rumah. Sebenarnya nak sejak mengandungmu aku  dilarang  kerja berat-berat oleh ayahmu termasuk bersih-bersih. Dia yang ngerjain semua. Tapi ya karena rumah kita juga ga besar-besar amat ditambah dirimu juga belum launching ke dunia nak, paling nyapu-nyapu dikit plus menghindari debu biar kesehatanku dan dirimu tetap terjaga. Nah perlatan yang satu ini kami untuk membantu ayahmu ;)). Vaccuum cleaner
VC 3503
Banyak sih type vaccum cleaner yang dikeluarkan Modena, tapi kami jatuh cinta pada VC 3503. Kelebihannya dibanding vaccuum cleaner  lain karena dia dilengkapi dengan power controller  yaitu suatu pengatur daya listrik yang mengatur kapasitas listrik yang digunakan sesuai dengan tingkat kekotoran rumah. Jadi lebih hemat biaya bagi keluarga kecil kita. Dilengkapi pula dengan roda yang membuat gampang dioperasikan. Dengan kapasitas 3,5 liter jadi tidak khawatir bakal kepenuhan. Keunggulan lainnya yang juga dimiliki oleh semua vaccum cleaner MODENA adalah Washable HEPA filter. Filter jenis HEPA akan menyaring lebih bersih dan dapat dicuci sehingga lebih awet dan mudah dalam perawatan. HEPA atau High Efficiency Particulate Air adalah jenis filter yang berfungsi untuk menjebak partikel-pertikel mikro, menyaring udara sebelum udara dialirkan kembali ke rumah anda. Jadi udara akan tetap bersih karena sudah terbebas dari debu dan partikel jahat yang menjadi sumber penyakit.

Oke nak, dapur impian ibumu sudah selesai. Dengan dapur super keren dan bantuan mesin cuci yang yahud dari Modena, maka aku akan menjadi ibu rumah tangga yang TOP BGT. Rumah kita juga pasti lebih nyaman dan lebih elegan, apalgi dengan bantuan vaccuum cleaner yang membuat kita terbebas dari debu dan kotoran. 
Tapi, Wih pasti mahal banget nih harganya, kasihan ayahmu. Tapi kata ayahmu semua peralatan cooking, cleaning dan cooling dan Modena memiliki keawetan yang tinggi sehingga bernilai investasi yang besar. Buktinya punya mbah putrimu masih dipakai sampai sekarang. Dan yang istimewanya setiap pembelian produk Modena kartu garansi akan terdaftar secara otomatis. Jadi ga akan ada cerita kartu garansi kelupaan ngisi yang sering terjadi saat kita membeli peralatan elektronik atau perabot rumah tangga lainnya. 
Jadi, mana lebih bagus beli murah tapi sering ganti atau beli yang berkualitas dan tahan lama?
Nak itu dia ceritaku, my story with Modena. Doain yah nak, agar ayahmu bisa mewujudkannya. Karena kami maunya nanti dapur dan rumah kita menjadi tempat yang nyaman buatmu. Kamu bebas berlari dan bermain di manapun. Ngga hanya di ruang depan, bahkan sampai ke dapur pun kami tak akan khawatir. Karena kami menggunakan peralatan yang terjamin aman untuk kita sekeluarga. Nantinya kalau kamu sudah besar, aku tidak perlu lagi menceritakan asal muasal dapur modern dan elegan yang kita miliki.
Oya nak, kalau nantinya kamu ingin memiliki dapur seperti yang ada di rumah kita ini. Kamu bisa lihat informasi lengkapnya di www.modena.co.id.  atau bisa di

https://www.facebook.com/ModenaIndonesia
https://www.facebook.com/MODENACookingClub
https://twitter.com/@MODENAIndonesia
http://pinterest.com/MODENAid/
http://www.flickr.com/photos/modenaindonesia
http://www.youtube.com/MODENAIndonesia

Servis?. Jangan khawatir. Modena memberikan layanan servis melalui dua cara :
- dengan menghubungi MODENA di call center (pulsa lokal): 0807.1.MODENA (663362), atau
-dengan menggunakan form pendaftaran di http://www.modena.co.id/servicerequest.php




You Might Also Like

2 komentar:

  1. Wow... Mbak/kak windi.. Semoga cepat tercapai. Btw, taman belakangnya asri ya. Btw lg komengnya pakek capcay nihh.. Salah melulu saya nulisnya dr tadi :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, krn blog baru blm diatur setelannnya . tapi udah kuilangkan kok capcay nya.

      aamiin, semoga tercapai ;))

      Hapus